05 April, 2008

Keserasian ubat.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda “Setiap penyakit ada ubatnya. apabila ubat telah mengenai penyakit, maka akan mendatangkan kesembuhan dengan izin Allah,”. (HR Muslim). Di kesempatan lain Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan At Tirmidzi ” ..Allah menciptakan ubat bagi setiap penyakit yang Dia ciptakan...kecuali penyakit Tua”.Jadi sebagai umat Islam yang menjadikan Al Qur’an dan Al Hadits sebagai pegangan kita, kita wajib percaya bahwa Allah lah yang menurunkan ubat bagi setiap penyakit, hal ini juga seiring dengan salah satu kalimat tauhid yang diucapkan Nabi Ibrahim A.S. dalam surat As Shu’ara 80 ” Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku”.Ayat-ayat Al Qur’an dan Al Hadits tersebut seharusnya cukuplah menjadi dasar kita dalam setiap upaya mencari penyembuhan dari penyakit yang kita atau keluarga kita derita. Kelihatannya mudah, namun kita sering lupa atau terjebak dalam dua situasi dalam mencari penyembuhan ini.
Situasi pertama adalah orang-orang yang hanya meletakkan sepenuh upaya penyembuhannya melalui berbagai pengubatan paramedik dan lupa atau tidak tahu bahwa hanya Allah-lah yang boleh menyembuhkan penyakit itu.
Situasi kedua adalah orang yang melupakan ikhtiar.Disatu sisi kita wajib berusaha mencari ubat untuk penyembuhan penyakit kita, disisi lain kita harus sedar bahwa ubat tersebut hanyalah penyebab bagi datangnya pertolongan Allah dalam bentuk penyembuhan. Sebahgian ubat sebagai penyebab penyembuhan yang merupakan pertolongan Allah ini ada yang secara jelas diungkapkan sendiri oleh Allah seperti Madu Lebah yang disebut dalam surah An-Nahl 69 ”...dan sebagai ubat bagi manusia”. Sebahgian lain penyebab pengubatan tersebut tidak diunkapkan oleh Allah secara langsung tetapi sepenuhnya disediakan olehNya secara cukup di alam ini seperti tumbuhan herba yang melata di negara ini. Manusia-manusia yang tekun mengkaji dan menggali kurniaan Allah tersebut (para ilmuwan) sebahgian akhirnya berhasil menemui berbagai ubat untuk berbagai penyakit seperti tumbuhan tongkat ali,kacip fatimah dsb nya.

No comments: